Senin, 04 Maret 2013

Ivan Gunawan, Butik Cantiknya Sesuai Fengsui


ivan-gunawan bi1

MENILIK detail setiap ruangan, terasa betul ruang dan furnitur butik Ivan Gunawan di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, ditata berdasarkan fengsui.

Salah satunya penandanya, mangkuk porselen berisi patung kura-kura mungil yang dipajang di samping meja rias. Awalnya, kami mengira semua kura-kura di dalam mangkuk hanya patung. Rupanya, ada sekitar 3 ekor kura-kura yang berenang-renang dalam mangkuk berisi air itu.

Di bagian depan butik juga terdapat kolam mini komplet dengan beberapa ekor ikan hias. Dalam ilmu fengsui, air di tempat tinggal dapat menghimpun energi positif dan mendatangkan keberuntungan bagi penghuninya.

"Butik ini betul-betul diatur oleh fengsui. Awalnya, sih enggak percaya. Tapi setelah dijalani, ternyata bagus juga. Fengsui itu ilmu alam. Kalau enggak ada manfaatnya, ya enggak mungkin juga dijalani selama ratusan tahun," papar desainer kelahiran Jakarta itu.

Butik bernuansa eklektik ini juga diperkaya ornamen-ornamen unik. Ivan menuturkan, aksesori di butiknya kebanyakan didapat saat traveling. "Ada yang dari Bangkok, Bali, Yogyakarta. Furnitur lokal banyak yang bagus dan harganya enggak terlalu mahal, tapi awet. Kalau barang di butik itu-itu saja, cepat bosan. Jadi, sayang kalau pakai barang mahal," tutur Ivan, yang tengah mempersiapkan koleksi terbarunya untuk ajang Indonesia Fashion Week.

Salah satu ornamen paling mencolok di butik ini ialah lukisan gambar diri yang dipajang di ruang tamu butik.

Ada sejarah tersendiri di balik pembuatan lukisan ini. "Waktu itu ada pelukis datang ke sini. Dia menjual lukisan bunga. Aku enggak suka lukisan bunga, jadi aku minta dia buat melukis mukaku. Apalagi waktu itu badan masih kurus. Hasilnya bagus. Orang-orang yang datang juga sering berfoto-foto di situ, apalagi warna lukisan ini shocking."

Dari sembilan ruangan di butik ini, mana yang menjadi ruang favorit Ivan?
"Ruang konsultasi jadi ruang favoritku. Dengan pencahayaan yang minim, aku bisa menggambar. Tembok di belakang meja bisa aku pakai untuk menempel sketsa. Juga ada lemari kaca untuk menyimpan kain," katanya.

Tepat di hadapan meja kerjanya, ada ruangan yang sekelilingnya dilapisi cermin. Ruangan ini digunakan sebagai area fitting bagi para model atau klien. Cermin yang menutupi dinding membuat ruang kerja Ivan terlihat lebih luas.

sumber : tabloidbintang.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar